RSS

“ Pembangunan Jalan, Perlukah?”

30 Des

Alih-alih atas nama curah hujan yang mengguyur sebagian besar daerah di Negara kita, pembangunan jalan beraspal ( hotmix asphalt) dijadikan alasan kuat mengapa jalan raya di seluruh negeri ini menjadi berlubang.
Pembangunan daerah yang tidak jelas baik untuk daerah pemukiman dan industry membuat intensitas kegiatan penduduk tak terkontrol baik oleh pemerintahan daerah maupun pusat. Sebagai contoh daerah yang dulu merupakan daerah pemukiman menjadi daerah industry dimana kegiatan kendaraan yang tadinya sepi menjadi penuh sesak oleh truk0truk besar pengangkut barang.
Tak pelak mutu dari jalan tersebut menjadi tidak seimbang. Oleh sebab itu pemerintah, mengeluarkan kebijakan untuk menanggulangi jalan-jalan yang terbuat dari aspal diganti dengan beton semen. Hemat kata, beton semen lebih kuat dari pada beton aspal. Yang menjadi pertanyaan, apakah perlu? Apakah jalan aspal sekarang salah. Lalu mengapa pembangunan jalan kita menggunakan aspal? Bagaimana dengan pembangunan jalan nantinya??
Atas dua pertanyaan tadi, yakni apakah perlu pembangunan jalan menggunakan beton dan mengapa menggunakan aspal, kami memahami bahwa dilihat dari mutu, beton memang lebih dan awet. Beton dapat menahan gaya tekan lebih dari seluruh material yang ada untuk perkerasan jalan. Beton dapat mengalami proses hardening jika terkena air.
Yang menjadi masalah, kerusakan jalan belakangan ini bukan hanya curah hujan yang berlebih sehingga jalan aspal ( hotmix asphalt ) berkurang mutunya. Tetapi karena system drainase yang tidak berfungsi dengan baik bahkan tidak mempunyai system drainase. Air hujan mengalir begitu saja dan menggenang di jalanan. Inilah yang menjadi permasalahan mengapa jalanan banyak yang bolong-bolong.
Untuk pertanyaan ketiga, bagaimana pembangunan jalan nantinya jika menggunakan beton maupun aspal. Kami beranggapan, bahwa sesungguhnya banyak sekali penyimpangan yang ada dalam proses konstruksi pembangunan jalan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 30, 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: