RSS

INOVASI BARU PELAT LANTAI KOMPOSIT

30 Des

dak beton dengan cara konvesional tidak praktis lagi. SElain boros bahan baku, cara ini juga menyita banyak tenaga. Untuk pelat lantai setebal 12cm memerlukan bekisting daro papan dan tiang perancah dari kaso. Penisi dak menggunakan tulangan besi yang terpasang rangkap; atas dan bawah. Diameternya 10cm dengan jarak 20cm. Setelah 28 hari bekisting dan tiang perancah tadi dibongkar. Sudah terbayang, jumlah waktu dan tenaga yang dikeluarkan.
Yang baru, adalah dengan menggunakan SMARTDEK yang diluncurkan oleh PT Bluescope Lysaght Indonesia. Pelat lantai komposit ini mampu menghemat bahan baku hingga 25%. Tak perlu bekisting atau tiang perancah yang banyak dan tulangan rangkap besi. Anda pun dapat membuat lantai dengan tebal di bawah 10cm.
Menurut Achnad Basuni, Project Engineer Multistorey PT Bluescope Lysaght Indonesia, SMARTDEK berupa pelat baja ringan mutu tinggi dengan profol huruf “W”. Tebal bevariasi, 0,7mm, 1mm, dan 1,2mm. Ukuran lebar 96cm, dan panjang berkisar 70cm-12m. “Dengan berat 7,3kg per meter, maka bahan ini cukup ringan, namun andal menahan dan menyalurkan beban cor beton. Karena ringan juga, bahan ini cukup dikerjakan oleh dua orang,”katanya. Harga per meter bahan mulai Rp110.000, di luar ongos tukang berkisar Rp8.000-Rp10.000 per meter.
SMARTDEK dipasang pada pelat lantai yang akan dibangun. Di atas pelat baja ringan ini terpasang embossments yang berperan sebagai daya lekat cor beton. Setelah itu, tuang cor beton dengan tebal maksimal 10cm. Tunggu masa kering 14-28 hari sehingga pelat lantai siap digunakan.

Sumber : Majalah iDEA 41/04 Juni 2007

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 30, 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: