RSS

Kekerasan di Kalangan Mahasiswa

30 Des

Sekarang ini berbagai penderitaan di media diramaikan dengan berbagai masalah kekerasan yang terjadi pada mahasiswa. Kekerasan tersebut bukan hanya terjadi pada demonstrasi mahasiswa yang menolak kenaikan BBM namun juga yang tak ada hubungannya dengan hal tersebut.
Kekerasan pada mahasiswa yang belakangan sering terjadi, bukan hanya dari aparat kepada mahasiswa atau mahasiswa terhadap aparat, namun juga antar nahasiswa itu sendiri. Mahasiswa sendiri sering memancing aparat untuk bertindak represif dan aparat sendiri juga seperti tak bisa menahan sabar sehingga memancing terjadinya kekerasan. Dan ada kesan mahasiswa sering terpicu untuk melakukan tindakan anarkis sehingga sperti menghilangkan intelektualitas dari diri mereka.
Selain masalah demonstrasi yang dilakukan mahasiswa tersebut, akhir-akhir ini media juga ramai memberitakan tawuran yang terjadi di kampus. Kalau dulu tawuran hanya dilakukan siswa-siswa STM atau SMA, entah mengapa kini juga dilakukan para mahasiswa yang belakangan menunjukkan kecenderungan meningkat pula.
Tawuran tersebut bisa terjadi dengan kampus lain atau juga sesame kampus, hanya berbeda fakultas. Masyarakat pun sering dibuat bingung menyaksikan tawuran yang sempat diliput berbagai media itu, tak ubahnya seperti preman. Mereka memakai senjata tajam atau saling melempar batu.
Padahal dari tawuran tersebut tak ada yang didapat selain fasilitas perkuliahan yang hancur, jadwal kuliah berantakan serta dendam kesumat yang tentunya membuat merekalah sebenarnya menjadi pihak yang paling dirugikan. Agaknya mereka lupa, perguruan tinggi adalah “gerbang” terakhir sebelum seseorang terjun ke masyarakat. Seseorang sosiolog bahkan menyebutkan tampaknya para mahasiswa yang tawuran itu lupa kalau dalam beberapa tahun lagi mereka akan menjadi pemimpin di masyarakat.

Sumber : Majalah UG Vol 5. NO. 107-20 Juli 2008

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 30, 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: