RSS

Mencari Wajah Mahasiswa

30 Des

Ada pandangan dan penilaian yang berkembang di masyarakat bahwa gerakan mahasiswa tak lagi bersih. Jika benar, yang dirugikan tentu citra mahasiswa itu sendiri. Mahasiswa akan mencibir eksistensi mahasiswa karena tak lagi memiliki nilai.
Tapi masih ada kelompok mahasiswa yang masih memiliki idealism. Idealisme dijabarkan dalam bentuk tata nilai perjuangan sistematis dan strategis. Gerakan-gerakan sangat tertata rapi, melibatkan semua unsur dan berdasarkan kajian mendalam. Tipe gerakan mahasiswa seperti ini terlihat dari padatnya idealism dengan beragam argumentasi dan pandangan visioner. Langkah dan arah perjuangan sangat sistematis, sehingga lebih menyentuh substansi perubahan.
Ada waktu ekstra yang harus kita luangkan untuk merenungi kedudukan mahasiswa dalam ranah perubahan social. Manakah gerakan yang benar-benar mencerminkan fungsi dan kedudukan mahasiswa sebagai agent of social change?
Reformasi sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Tapir Roh reformasi belum pernah sampai pada tujuan. Mahasiswa adalah harapan bangsa. Mahasiswa harus lebih bersikap dewasa dalam menyikapi situasi dan kondisi. Mahasiswa juga harus lebih pintar dan strategis dalam menyusun langkah dan arah perjuangan mahasiswa agar bangsa segera bangun dari keterpurukan. Mampukah semua ini terwujudkan?

Sumber : Monitor Edisi 3 Tahun I/ 16-22 Juli 2008

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 30, 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: