RSS

Nasionalisme Versi Orang Muda

30 Des

Ada yang bilang nasionalisme adalah bangga menjadi bangsa Indonesia. Ada juga yang bilang nasionalisme adalah sejauh mana kita dapat menghargai bangsa kita. Tapi, ada juga yang bilang, tindakan nasionalisme cukupditunjukkan dengan menggunakan produk dalam negeri.
Intinya, nasionalisme adalah mencintai dan menghargai Indonesia apa adanya, dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Kita, sebagai orang muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa, udah seharusnya punya rasa nasionalisme itu. Sekalipun Indonesia punya sejuta kekurangan, nantinya kita juga yang meneruskan perjuangan bangsa ini.
Mau dibawa ke mana bangsa ini nanti? Itulah tanda Tanya besar yang harus kita jawab dengan rasa nasionalisme yang kita miliki dan dipupuk dari sekarang. Bukan hal mustahil bagi kita untuk membangun bangsa ini.
Perjuangan leluhur kita buktinya. Mereka, para pahlawan bangsa, mampu memperjuangkan kemerdrkaan Negara bangsa Indonesia. Bukan perkara mudah lho bagi mereka untuk bertempur melawan kebengisan penjajah dengan alat tempur seadanya. Seharusnya kita menghargai jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan mereka.
Dulu, semasa hidupnya, Bung Karno pernah menangisi Indonesia karena perlahan-lahan rasa nasionalisme para pemuda meluntur. Padahal, para pemuda jugalah yang mengantarkan Indonesia menuju kemerdekaan.
Apakah sekarang kita juga mau membuat Bung Karno menangis lagi? Semoga tidak. Rasa nasionalosme iti gampang banget ditunjukkin. Dengan mengikuti upacara bendera setiap Senin, kita udah menunjukkan rasa nasionalisme! Karena di dalam upacara itu kita di ajak mengingat kembali perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan. Rasa nasionalisme berarti peduli terhadap keadaan bangsa dan bangga menjadi bagian dari Indonesia.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 30, 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: