RSS

Obesitas Bisa Menular

30 Des

OBESITAS atau kelebihan berat badan ternyata merupakan penyakit menular. Tidak percaya? Simak fakta berikut. Orang yang memiliki teman bertubuh subur akan lebih banyak mengalami masalah kelebihan bobot tubuh ketimbang orang yang memiliki teman berbadan ramping. Temuan ini sudah dibuktikan tim peneliti dari Inggris, termasuk para ahli dari Universitas Warwick. Mereka menyebut fenomena ini sebagai obesitas imitasi.

Para peneliti menganalisa 27 ribu orang di beberapa Negara Eropa dan menemukan bahwa obesitas merupakan fenomena sosiologis, bukan psikologis. Karena bobot tubuh seseorang dipengaruhu secara tersembunyi oleh bobot tubuh orang-orang di sekeliling.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa kepuasan seseorang terhadap bobot tubuhnya bergantung dengan perbandingan bobot tubuh dengan teman-teman sekeliling. Kebahagian para perempuan terhadap bobot tubuh merekatidak hanya tergantung pada indeks massa tubuh, tetapi juga bobot  tubuh mereka harus sebanding dengan indeks massa tubuh yang dimiliki perempuan berusia sama di Negara mereka.

Penelitian ini juga menemukan bahwa hamper separuh perempuan Eropa merasa kelebihan berat badan. Sedangkan bagi kaum adam, kurang dari sepertiga pria Eropa merasa kelebihan berat badan. Berdasarkan penelitian itu, pria tidak khawatir mengalami kelebihan berat badan selama masih banyak pria lain di sekeliling mereka merasakan masalah sama.

Sumber :  Jurnal Bogor, Kamis 31 Juli 2008

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 30, 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: