RSS

Manfaat Mendengarkan Musik

16 Apr

Mendengarkan musik adalah hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, apa lagi sekarang dengan berkembangnya teknologi, kita semakin mudah saja untuk mendengarkan musik dan lagu. Bahkan mencari musik atau lagu pun semakin mudah. Tapi tahukah bahwa apa saja manfaat mendengarkan musik? disini ada beberapa garis besar dari manfaat mendengarkan musik.
– Mozzart efek
Mozzart efek adalah beberapa istilah dalam musik yang mempengaruhi orang untuk dapat meningkatkan kecerdasan. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa anak telah mendengar musik, tingkat kecerdasaannya yang lebih tinggi dari rata-rata dari seseorang yang tidak tahu musik. Dengan beberapa cara, untuk merangsang otak agar “belajar” tentang segala sesuatu dari nada musik. Musik klasik juga yang baik untuk bayi dan ibu hamil karena akan meningkatkan kecerdasan bayi dan membuat si ibu lebih santai.
– Menyegarkan
Kadang-kadang ketika kita merasa bosan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, dengan mendengarkan musik walaupun hanya beberapa saat kita akan dapat merasa segar kembali. Jadi kita akan mendapatkan semangat kembali untuk melakukan aktifitas kita.
– Motivasi
Kita dapat mengambil contoh ketika upacara bendera atau acara kenegaraan atau bahkan ketika pemberian mendali olimpiade. Ketika kita mengikutinya, kami ikut menyanyikan lagu nasional atau lagu kebangsaan. Dengan menyanyikan itu kita akan termotivasi untuk mencintai bangsa kita, pahlawan nasional, dan bahkan juga memberikan semangat baru bagi kita. Bahkan ada beberapa orang yang akan mudah belajar atau bekerja dengan mendengarkan musik.
– Terapi
Beberapa pakar menyatakan bahwa musik juga bermanfaat dari sisi medis. Ketika sakit dengan mendengarkan musik tertentu akan bisa menjadi terapi yang diharapkan dapat menyembuhkan.
– Komunikasi
Sebagai bahasa universal, musik dapat menjadi pesan ke semua negara di dunia tanpa membatasi bahasa. Bahkan satelit luar angkasa yang dikirimkan ke luar angkasa juga membawa musik.

Manfaat Musik Pada Otak
Jika Anda seorang pencinta musik, Anda berada dalam untuk mengobati. Tahukah Anda bahwa Anda bisa memanfaatkan musik untuk membantu meningkatkan kecepatan otak? Musik dapat mengasah otak dan membantu Anda tetap fit. Menjaga otak dalam kondisi yang baik dapat menghambat demensia seperti usia Anda. Anda akan heran untuk mengetahui cara kerjanya.
Penelitian terus menunjukkan bahwa Anda dapat mengubah otak Anda. Ini adalah plastisitas otak. Dalam kondisi tertentu, Anda dapat membuat lebih mudah untuk mengubah otak Anda. Anda dapat melatih otak Anda untuk memproses informasi lebih baik dan lebih cepat. Anda bahkan dapat meningkatkan kecepatan otak.

Manfaat Musik Dalam Kecepatan Berpikir
Aktivitas terbaik untuk otak Anda akan mendapatkan lebih banyak dan lebih menantang. Anda perlu untuk menantang otak Anda untuk membuat perubahan. Kegiatan yang Anda pilih harus mental bermanfaat. Anda akan mendapatkan lebih banyak keluar dari permainan jika Anda menikmatinya. Jika latihan yang baru atau mengejutkan, hal itu akan membuat dampak besar. Permainan juga harus menuntut fokus dan perhatian anda.
Berikut adalah tiga cara Anda dapat memanfaatkan musik untuk membantu meningkatkan kecepatan otak:
1. Mempelajari kata-kata musik.
Pilih lagu yang Anda suka tapi tidak tahu kata-kata untuk. Cobalah untuk mendengar setiap kata dan menuliskannya. Mendengarkan lagu sebanyak yang Anda perlu. Kemudian belajar untuk bernyanyi bersama dengan lagu. Setelah Anda mempelajari lagu, beralih ke lagu lain.
Anda perlu fokus saat Anda mencoba untuk mendengar setiap kata dalam sebuah lagu. Anda harus memberi perhatian. Ketika Anda berfokus pada sesuatu, melepaskan bahan kimia di dalam otak. Kimia ini memungkinkan plastisitas dan menghidupkan memori.
Mengulangi latihan ini dapat membantu Anda mendapatkan kebiasaan mendengarkan hati-hati. Yang lebih hati-hati Anda mendengarkan, semakin baik kualitas informasi yang Anda dapat mengambil masuk Dengan kualitas yang lebih baik informasi, Anda akan lebih mampu untuk memahaminya. Anda kemudian dapat bertindak berdasarkan informasi tersebut. Selain itu, Anda dapat mengingat lebih baik.
Ini akan menghasilkan lebih cepat memproses informasi yang Anda dengar. Anda akan mampu bereaksi lebih cepat. Dengan demikian, ia akan meningkatkan kecepatan otak.
2. Belajarlah untuk membedakan instrumen yang berbeda dalam musik.
Apakah Anda pernah mencoba membedah musik ke dalam alat yang Anda dengar? Ini akan mempertajam jalur saraf otak. Mungkin musik klasik yang paling menantang bagi sebagian orang. Cobalah untuk menentukan kapan masing-masing instrumen masuk dan keluar.
Latihan ini membantu Anda membuat perbedaan baik dalam lapangan dan nada suara. Dengan keterampilan ini, Anda dapat meningkatkan kecepatan otak ketika memahami pembicaraan. Ini juga akan membantu Anda mengenali suara-suara keluarga dan teman-teman Anda.
3. Belajar memainkan alat musik.
Memainkan alat musik fantastis adalah latihan untuk otak Anda. Jika Anda sudah memainkan alat musik, belajar musik baru dan kompleks akan membuat Anda tetap gesit. Belajar untuk memainkan instrumen baru akan membantu otak Anda menjadi lebih gesit.
Hanya membayangkan bagaimana hal ini dapat meningkatkan kecepatan otak saat memproses informasi. Banyak aspek yang saling terkait fungsi otak digunakan. Anda akan mengasah kemampuan mendengarkan Anda dengan menentukan jika suara musik sebagaimana mestinya.
Pikirkan tentang catatan tertulis menerjemahkan musik. Apa yang Anda lakukan adalah decoding catatan musik Anda melihat ke dalam gerakan dan suara. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan otak. Otak Anda hal ini memberikan latihan yang dibutuhkan. Cara yang sama juru ketik akan perlu berlatih untuk menjadi lebih akurat dan cepat, begitu pula otak Anda.
Anda juga akan mendapatkan kendali atas gerakan-gerakan halus. Ini bisa menjadi manfaat besar bagi orang tua.
Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak dapat menjaga otak tajam dan gesit. Anda dapat melakukan ini dengan baik ke senja tahun. Anda mungkin dapat menunda atau membalikkan beberapa kondisi. Kondisi ini terkait kognitif meliputi usia pembusukan. Anda juga dapat melatih otak Anda untuk meningkatkan kecepatan otak pada usia berapa pun!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 16, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: