RSS

Knowledge Management

17 Apr

Penerapan knowledge Management di perusahaan nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar di era globalisasai. Kemampuan perusahaan mengelola knowledge yang ada merupakan kekuatan yang diperlukan untuk dapat tetap bertahan. Hal ini juga berlaku pada perusahaan reasuransi yang ada di Indonesia.
Knowledge Management(KM) merupakan usaha untuk meningkatkan knowledge yang berguna dalam organisasi diantaranya membiaskan budaya berkomunikasi antar personil, memberikan kesempatan untuk belajar, dan menggalakkan saling berbagi pengetahuan.. Knowledge Management tidak hanya merupakan pengaturan akan knowledge, namun lebih pada manajemen suatu organisasai dengan focus khusus terhadap knowledge. Penerapan Knowledge dengan sebuah system berbasiskan web, diharapkan dapat menjadi solusi dari kebuuhan aliran knowledge yang tidak di halangi oleh batasan waktu dan lokasi geografis.
Dengan memperhatikan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang ada. Metode Focus Group Discuccion (FGD) digunakan sebagai cara untuk melakukan analisis.Focus Group Discuccion sendiri merupakan metode atau cara yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan yan gada pada individu mengenai persepsi tentang suatu hal.
Hasil dari Focus Group Discussion ini menggambarkan budaya knowledge sharing oraganisasi yang merupakan komponen kritis dari Knowledge Management. Kemudian dengan menggunakan analisa SWOT (Srenghts/kekuatan, Weakness/kelemahan, Opportunities/peluang and Threats/ancaman), akan menentukan apakah penerapan Knowledge Management ini dapat diterapkan dengan berbasi web atau tidak.
Berdasarkan hasil FGD dimana di sini di dapatkan suatu interaksi sosial, tingkat validitas dan hasil yang diperoleh lebih cepat dan pemetaan SWOT perusahaan, penerapan Knowledge di Nasional Reasuransi dapat dilaksanakan sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Langkah selanjuutnya dengan mempertimbangkan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang ada, dan dokumentasi darsi prosedur dan perangkat pendukung kerja, dapatk disimpulkan bahwa penerapan Knowledge Management berbasis web dapat dilaksanakan. Namun perlu pula dilakukan hal-hal pendukung agar penerapan Knowledge Management ini dapat berjalan optimal.
Penerapan ini nantinya dapat mendukung jalnnya perusahaan dalam usaha untuk tetap tangguh dan selalu tumbuh.Diharapkan dengan memanfaatkan knowledge management, usha-usaha untuk mengatasi kelemahan yang ada dapat lebih optimal. Knowledge Management dapat meningkatkan produksi Sumber daya manusia dengan membagi knowledge yang dibutuhkan pegawai. Meningkatkan pemasaran dengan mengkaji ulang knowledge yang dimiliki perusahaan untuk merencanakan strategi yang baru.
Jadi berdasarkan suatu teori dan dan suatu kenyataan yang yang ada di suatu perusahaan reasuransi di hasilakan bahwa Knowledge Management berbasia web dapat dilaksanakan di Nasional Reasuranasi. Hal ini dampak dari infrasutruktur yang dimiliki, sumberdaya manusia yang memiliki budaya sharing .

Saran

System Knowledge Management berbasis web, perusahaan khususnya Divisi IT dapat mengembangkannya dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Sistem tersebut dapat digabungkan ke domain situs perusahan. Selanjutnya untuk memelihara kelangsungan system Knowledge management berbasis web tersebut diberikan pengaturan dan wewenang akses bagi setiap personil yang ada dalam lingkup perusahaan. Pengaturan ini disesuaikan dengan porsi kepentingan kompetensi dan kapabilitas individu.

Daftar Pustaka

Captive Insurance and Alternative Insurance Resources Glossary of Reinsurance Terms
http://www.captive.com/newsstand/articles/GlosRein.html

Davenport, Thomas, H., and LAurance Prusak. Working Knowledge : How Organization Manage What They Know Havard Business School Press, Boston, 1998

Davidson, Carl and Philip Voss.. Knowledge Management, Na Introduction to Creating advantage from intellectual capital. Vision Book. New Delhi. 2003

Elias M. Awad & Hasan M. Ghaziri. Knowledge Management, Prentice Hall Inc., A Pearson Education Company. 2003

Hoed, B.H Diskusi Kelompok Terfokus. Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Jakarta. 1995

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 17, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: