RSS

Perhitungan Pendapatan Nasional

17 Apr

Indikator terjadinya alokasi yang efisien secara makro adalah nilai output nasional yg dihasilkan sebuaah perekonomian pada periode tertentu. Besarnya output nasional dapat menunjukan beberapa hal penting dalam perekonomian. Yang pertama, besarnya output nasional merupakan gambaran awal tentang seberapa efisien sumber daya yang ada dalam perekonomian yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Yang kedua, besar nya output nasional merupakan gambaran awal tentang produktivitas dan tingkat kemakmuran suatu Negara. Yang ketiga, besarnya output nasional merupakan gambaran awal tentang masalah-masalah structural yang dihadapi suatu perekonomian. Itulah sebabnya perhitungan output nasional lebih dikenal sebagai pendapatan nasional, merupakan pokok pembahasan awal dalam teori ekonomi makro.
1. Siklus aliran pendapatan (circular flow) dan Interaksi antar pasar di bagi menjadi 2, yaitu
a. Siklus aliran pendapatan (circular flow) ini menggambarkan bagaimana interaksi antarpara pelaku ekonomi menghasilkan pendapatan yang digunakan sebagai pengeluaran dalam upaya memaksimalkan nilai kegunaan masing-masing pelaku ekonomi. Model circular flow membagi perekonomian menjadi empat sector, yaitu
– sector rumah tangga yang terdiri atas sekumpulan individu yang dianggap homogeny dan identik.
– Sector perusahaan yang terdiri atas sekumpulan perusahaan yang memproduksi barang dan jasa.
– Sector pemerintah yang memiliki kewenangan politik untuk mengatur kegiatan masyarakat dan perusahaan.
– Sector luar negeri yaitu sector perekonomian dunia, dimana perekonomian melakukan transaksi ekspor-impor.
b. Tiga pasar utama (three basic markets)
Untuk analisis ekonomi makro, pasar-pasar yang begitu banyak dikelompokkan menjadi tiga pasar utama yaitu,
– Pasar barang dan jasa yaitu pertemuan antara permintaan dan penawaran barang dan jasa.
– Pasar tenaga kerja yaitu interaksi antara permintaan dan penawaran tenaga kerja.
– Pasar uang dan modal yaitu interaksi antara permintaan uang dengan penawaran uang.
2. Metode perhitungan pendapatan nasional
Metode perhitungan pendapatan nasional ini di bagi menjadi tiga metode. Yaitu :
a. Metode output atau metode produksi yaitu dengan cara perhitungan dengan membagi-bagi perekonomian menjadi beberapa sector produksi.
b. Metode pandapatan (income approach) yaitu memandang nilai output perekonomian sebagai nilai total balas jasa atas factor produksi yang digunakan dalam proses produksi
c. Metode pengeluaran (expenditure approach) yaitu nilai total dari pengeluaran dalam perekonomian selama periode tertentu. Menurut metode ini di bagi beberapa jenis pengeluaran agregat dalam suatu perekonomian.
– Konsumsi rumah tangga yaitu pengeluaran sector rumah tangga dipakai untuk konsumsi akhir, baik barang dan jasa yang habis dipakai dalam tempo setahun atau kurang maupun barang yang dapat dipakai lebih dari setahun.
– Konsumsi pemerintah yaitu pengeluaran-pengeluaran pemerintah yang digunakan untuk membeli barang dan jasa akhir.
– Pembentukan modal tetap domestic bruto ( investment expenditure) yaitu pengeluaran sector dunia usaha yang dilakukan untuk memelihara dan memperbaiki kemampuan menciptakan/ meningkatkan nilai tambah.
– Ekspor neto(net eksport) yaitu selisih antara nilai ekspor dengan impor.
3. Beberapa pengertian dasar tentang perhitungan agregatif.
Perhitungan output maupun pengeluaran dan ukuran-ukuran agregat lainnya bertujuan untuk menganalisis dan menentukan kebijakan ekonomi guna memperbaiki/ meningkatkan kemakmuran/kesejahteraan rakyat. Beberapa pengertian yang harus dipelajari berkaitan dengan hal tersebut adalah :
– Produk domestic bruto yaitu menghitung hasil produksi suatu perekonomian tanpa memperhatikan siapa pemilik factor produksi tersebut.
– Produk nasional bruto yaitu produksi yang dihasilkan oleh factor-faktor produksi milik perekonomian yang disebut sebagai produk nasional bruto. Kelemahan perhitungan PDB dapat dikoreksi dengan mengurangkan nilai produksi yang dihasilkan factor produksi yang berasal dari luar perekonomian.
– Produk nasional neto yaitu memproduksi barang dan jasa dibutuhkan barang modal .
– Pendapatan nasional yaitu membahas output nasional dengan metode pendapatan, yang telah diketahui bahwa pendapatan nasional merupakan balas jasa atas seluruh factor produksi yang digunakan.
– Pendapatan personal yaitu bagian pendapatan nasional yang merupakan hak individu-individu dalam perekonomian, sebagai balas jasa keikutsertaan dalam proses produksi.
– Pendapatan personal disposable yaitu pendapatan personal yang dapat dipakai oleh individu, baik untuk membiayai konsumsinya maupun untuk ditabung.
4. PDB Harga Berlaku dan Harga Konstan
Nilai PDB ini suatu period tertentu sebenarnya merupakan hasil perkalian antara harga barang yang diproduksi dengan jumlah barang yang dihasilkan.manfaat dari perhitungan PDB harga konstan, selain dengan segera dapat mengetahui apakah perekonomian mengalami pertumbuhan atau tidak. Juga dapat menghitung perubahan harga (inflasi).
5. Manfaat dan Keterbatasan Perhitungan PDB
Manfaat dan keterbatasan perhitungan PDB dibagi menjadi empat :
– Perhitunga PDB dan Analisis Kemakmuran yaitu memberikan gambaran ringkas tentang tingkat kemakmuran suatu Negara, dengan cara membaginya dengan jumlah penduduk.
– Perhitungan PDB dan masalah kesejahteraan sosial disunakan menganalisis tingkat kesejahteraan sosial suatu masyarakat. Umumnya ukuran tingkat kesejahteraan yang dipakai adalah tingkat pendidikan, keehatan dan gizi, kebebasan memilih pekerjaan dan jaminan masa depan yang lebih baik.
– PDB per kapita dan masalah produktivitas yaitu angka PDB per kapita dapat mencerminkan tingkat produktivitas suatu Negara. Untuk memperoleh perbandingan produktivitas antarnegara ada bebrapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu jumlah dan komposisi penduduk, jumlah dan struktur kesempatan kerja, factor-faktor nonekonomi.
– Perhitungan Pdb dan kegiatan-kegiatan ekonomi tak tercatat yaitu angka statistic PDB Indonesia yang dilaporkan oleh Badan Pusat statistic hanya mencatat kegiatan-kegiatan ekonomi formal.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 17, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: