RSS

keterkaitan dan implementasi dari grafik komputer

01 Okt

Pengertian Grafika Komputer
Adalah bagian atau cabang dari ilmu komputer yang berhubungan dengan memanipulasi dan pembuatan gambar(visual) secara digital.
Grafika juga sering dikenal dengan istilah visualisasi data.
Bentuk Sederhana grafik komputer adalah grafik komputer 2D dan berkembang menjadi grafik komputer 3D,pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Type-type Grafik Komputer :
Dalam desain grafis ada dua macam tie grafik, yaitu grafik vektor dan grafik bitmap.
– pengertian Grafik Vektor adalah grafik yang berbasis besaran dan arah.Grafik vektor berupa garis dan kurva.
– Pengertian Grafik Bitmap adalah grafik yang memiliki banyak titik atau pixel dengan warna yang menawan.
Pengolahan Citra berkaitan dengan teknik-teknik utuk memodifikasi dna intepretasi citra,meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan dapat mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. Contohnya dalam perbaikan citra sehingga menjadi lebih jelas.
Video Game sendiri merupakan aplikasi yang menggunakan komputer grafis.
Video game merupakan permainan yang melibatkan interaksi manusia dengan komputer,atau yag di sebut user interface. Berfungsi untuk mengumpan balik berupa visualisasi pada perangkat viseo.aplikasi ini terdiri dari yang sederhana atau 2 dimensi,seperti tetris, hingga yang sulit, 3 dimensi, seperti yang di maksud dalam pengertian grafika komputer di atas.
Dan memerlukan resource banyak,seperti game GTA San Andreas. dari yang standalone, game PC,console,game mobile, hingga game online network,seperti Idol Street yang akan saya jelaskan di bawah ini.
Idol Street merupakan game Online music & lifestyle, yang di luncurkan oleh PT.LYTO Datarindo Fortuna. Idol Street adalah suatu game 3D dengan gaya csual yang memiliki jenis game tentang music, fashion dan dance.
Beberapa Fitur utama dalam game ini,yaitu :
1. Kota Metropolitan yang real desertai berbagai fasilitas.
2. Aneka lokasi yang dapat dimainkan bersama hingga 30 orang.
3. Variasi pakaian dengan desain terkini dan yang akan datang.
4. Gerakan dance yang langsung diambil dari contoh penari profesional.
5. Musik idola untuk berbagai usia dan kalangan.
Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/keterkaitan-dan-implementasi-grafik-komputer-pengolahan-citra-dan-game-online/

Keterkaitan dan Implementasi dari grafik komputer & pengolahan citra dan game technologi
Posted in | di 06.47
Grafik Komputer

bertujuan menghasilkan citra (lebih tepat disebut grafik atau picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dan sebagainya. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik, panjang garis, jari -jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafika komputer memainkan peranan penting dalam visualisasi dan virtual reality.

Kebanyakan aplikasi-aplikasi grafik komputer melibatkan:
1. Rendering
2. Modeling
3. Animasi-> sekumpulan gambar statis yang digerakan dengan kecepatan tertentu(fps) sehingga menghasilkan gambar yang seolah-olah bergerak
4. Interaksi

Pengertian Pengolahan Citra

Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik.Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun seringkali citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi ), misalnya mengandung cacat atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring), dan sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi lebih sulit diinterpretasi karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut menjadi berkurang.
Agar citra yang mengalami gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh manusia maupun mesin), maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik. Bidang studi yang menyangkut hal ini adalah pengolahan citra (image processing).

Pengolahan Citra bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra menjadi citra lain. Jadi, masukannya adalah citra dan keluarannya juga citra, namun citra keluaran mempunyai kualitas lebih baik daripada citra masukan. Termasuk ke dalam bidang ini juga adalah pemampatan citra (image compression).

Game Technologi

Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Tipe-tipe Game Engine
– Roll-your-own game engine
– Mostly-ready game engines
– Point-and-click engines

Jenis –jenis game

a)Gratis(Freware)

– Aleph One Axiom Engine Allegro library Blender3D

– Box2D Build engine Cafu Engine Lua ClanLib

– Crystal Space Cube Cube 2 DarkPlaces

– Delta3d id Tech 1 DXFramework Ethanon Engine

– Exult Genesis3D Genesis Device Glest

– id Tech 2 id Tech 3 ika ioquake3

Sphere
b)Berbayar

– Alamo A.L.I.V.E. Aurora Engine BigWorld
– BRender C4 Engine Cafu Engine Coldstone game engine
– CPAL3D CryEngine, CryEngine 2, CryEngine 3 Crystal Tools

JADI, Keterkaitan dan Implementasi dari Grafik Komputer & Pengolahan Citra dan Game Technologi yaitu jika kita ingin membuat suatu game,maka dibutuhkan grafik komputer dan pengolahan citra. Pertama membuat game,kita harus menggunakan grafik untuk membuat gambar-gambar yang akan dibutuhkan dalam game tersebut, setelah grafik sudah dibuat maka grafik-grafik tersebut disempurnakan oleh pengolahan citra, agar gambar yang kita buat lebih indah dan lebih terfokus. setelah itu dibutuhkan game technologi untuk merancang video game yang kita minati, jadi antara grafik komputer, pengolahan datan dan game technologi saling berkaitan.

Sumber : http://mammoy.blogspot.com/2010/09/keterkaitan-dan-implementasi-dari.html
Keterkaitan dan Implementasi Pada Grafik Komputer, Pengolahan Citra dan Game Technology
Thursday, September 30, 2010
Grafik Komputer
Grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital.
Bagian dari grafika komputer meliputi:
Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Pengolahan Citra
Citra (image) istilah lain untuk gambar, sebagai salah satu komponen multimedia memegang peranan sangat penting sebagai bentuk informasi visual. Citra mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki oleh data teks, yaitu citra kaya dengan informasi. Ada sebuah peribahasa yang berbunyi “sebuah gambar
bermakna lebih dari seribu kata” (a picture is more than a thousand words) Maksudnya tentu sebuah gambar dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada informasi tersebut disajikan dalam bentuk kata-kata (tekstual).

Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan
komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik.

Keterkaitan Antara Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dan Teknologi Game
Di dalam bidang komputer ini, sebenarnya ada beberapa bidang studi yang sangat berkaitan erat satu sama lain, yaitu Grafik Komputer dan Pengolahan Citra.
Dalam teknologi game, Grafik Komputer bertujuan menghasilkan citra (lebih tepat disebut grafik atau Picture) dengan primitif -primitif geometri seperti garis, lingkaran, dan sebagainya. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafika komputer memainkan peranan penting dalam visualisasi dan virtual reality. Sedangkan Pengolahan Citra ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra pada grafik agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Bentuk sederhana dari keduanya adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing).

Implementasi Antara Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dan Teknologi Game
grafik komputer dan pengolahan citra pada saat ini sangatlah di butuhkan. baik pada perusahaan dalam bidang tekhnologi maupun Negara-negara berkembang lainnya, banyak perusahaan yang berpusat dalam bidang tekhnologi berlomaba-lomba membuat sesuatu hal yang baru (seperti game) dan menarik untuk di pasarkan di masyarakat. Dan itu sangat membutuhkan sesuatu design dengan grafik-grafik komputer .
3D Game Studio adalah program yang ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan, program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi kita yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah kita dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll .
Pada dasarnya, aplikasi yang di buat dalam pembuatan game itu sendiri merupakan sebuah Implementasi Antara Grafik Komputer dan Pengolahan aplikasi komputer dan juga ditulis dengan script atau bahasa pemrograman, sehingga sangat membantu dalam teknologi game saat ini.
Sumber : http://www.alvis26.co.cc/2010/09/keterkaitan-dan-implementasi-pada.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 1, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: