RSS

Proposal PI

25 Mei

Multimedia merupakan bentuk media yang menampilkan/menyajikan gabungan dari teks, suara, gambar, animasi dan video, menjadi satu kesatuan. Pada umumnya Multimedia sering digunakan untuk menyajikan suatu pengetahuan, selain itu Multimedia juga di adobsi oleh dunia Game karena dengan adanya unsur tersebut(teks, suara dan lainnya) maka tampilan penyajian menjadi semakin menarik. Salah satu sofware Multimedia yang dapat digunakan untuk penyajian pengetahuan tersebut adalah Macromedia Flash 8.0.
Penulis bermaksud membuat animasi gerhana matahari dengan menggunakan Multimedia Marcromedia Flash 8.0, untuk pembelajaran para siswa/siswi sekolah dasar dan masyarakat pada umumnya. Hal ini dikarenakan kurang minatnya para siswa/siswi sekolah dasar atau masyarakat untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya gerhana matahari, selain itu kondisi peralatan demonstrasi gerhana matahari untuk sekolah-sekolah dasar kurang memadai, dikarenakan mahalnya harga alat peraga pembelajaran mengenai terjadinya gerhana matahari dan kurangnya pendanaan yang diberikan oleh pemerintah untuk membeli alat-alat peraga pengetahuan disekolah. Dengan dibuatnya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu siswa/siswi mempelajari gerhana matahari tanpa alat peraga dengan lebih baik.

1.2 Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah aplikasi multimedia yang penulis buat ditujukan untuk siswa/siswi kelas empat sampai enam sekolah dasar, dengan menampilkan jenis gerhana matahari total saja. Sofware yang digunakan Macromedia Flash 8.0.

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ilmiah ini adalah:
1. Menjelaskan pembuatan animasi gerhana matahari total menggunakan
Macromedia Flash 8.0.
2. Memberikan informasi pembelajaran mengenai terjadinya gerhana matahari
total terhadap siswa/siswi kelas empat sampai enam sekolah dasar pada
khususnya dan masyarakat pada umumnya.
1.4 Metode Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis hanya melakukan penelitian yang menggunakan metode studi pustaka yaitu semua bahan-bahan untuk penulisan ilmiah ini diperoleh dari buku-buku yang membahas tentang pembuatan animasi benda bergerak didalam suatu program.
1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ilmiah ini secara keseluruhan akan dirinci sedemikian rupa agar dapat di mengerti oleh pembaca dengan lebih mudah, terperinci dan jelas. Penulis membaginya menjadi empat bab.
BAB I PENDAHULUAN
Yakni penulis menguraikan beberapa pokok persoalan yang terdiri dari latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan juga sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Penulis menjelaskan tentang teori-teori yang mendukung atau berhubungan dengan penulisan ilmiah ini antara lain ruang lingkup tentang Macromedia Flash 8.0.
BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini berisi mengenai pembahasan rancangan yang terdiri dari struktur navigasi, input-output dan tahapan-tahapan dari pembuatan animasi gerhana matahari sampai dengan cara pengkompilan.
BAB IV PENUTUP
Pada bab terakhir ini berisi tentang kesimpulan dan saran-saran hasil dari semua bahasan yang terdapat didalam penulisan ilmiah ini yakni tentang pembuatan animasi gerhana matahari yang dibahas oleh penulis pada bab-bab sebelumnya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 25, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: